|

Bawaslu Kerjasama dengan Mitra Pendamping

KPU di Kabupaten dan Kota di Sulteng  akan memulai verifikasi faktual Partai Politik pada Senin (29/10) mendatang.
Saat verifikasi faktual itu dilaksanakan Panwaslu belum di beberapa daerah belum terbentuk karena masih dalam tahap seleksi.
Ketua Bawaslu Sulteng Ratna Dewi  Pettalolo SH MH mengatakan, pihaknya juga  menyadari persoalan ini.
Namun demikian kata Ratna Dewi, pihaknya sudah memiliki cara untuk mengantisipasi masalah ini
“Bawaslu pusat telah membangun kerjasama dengan mitra pendamping pengawas di seluruh Indonesia,” terang Ratna Dewi tadi malam (22/10).
Mitra pendamping pengawas itu kata Ratna adalah Perguruan Tinggi dan KIPP.
“Khusus untuk Sulteng mitra pendamping adalah Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR),” kata Ratna lagi.
Terkait dengan hal itu kata Ratna, hari ini Bawaslu Sulteng akan melakukan bimbingan teknis (Bimtek) verifikasi faktual Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2014.
Yang akan mengikuti Bimtek guna mengawal verifikasi Parpol tersebut terangnya adalah Panitia Pengawas Pemilukada (Panwaslukada) Kabupaten Morowali dan Kabupaten Buol .
Panwaslukada Morowali dan Buol langsung mengikuti Bimtek. Sebab Bawaslu tidak lagi melakukan seleksi terhadap Anggota Panwaslu dari dua kabupaten itu.
Perbawaslu RI nomor 10 tahun 2012 pasal 57 dijelaskan bahwa, Panwaslu Kabupaten / Kota yang sudah terbentuk untuk pemilihan gubernur, bupati, dan walikota, ditetapkan sebagai Panwaslu anggota DPR, DPD, dan DPRD serta presiden dan wakil presiden, sepanjang masih memenuhi syarat.
Selain diikuti Panwaslu Morowali dan Buol menurut penuturan Ratna delapan orang mitra pendamping untuk empat Kabupaten Kota yaitu Palu, Sigi dan Banggai juga akan mengikuti kegiatan Bimtek itu.

sumber :radarsulteng.co.id (23/10/12)

Posted by Unknown on 20.59. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Bawaslu Kerjasama dengan Mitra Pendamping"

Leave a reply

Blog Archive

Labels

Recently Commented

Recently Added